Kamis, 08 November 2012

BIODATA BARACK OBAMA


Nama lahir
Barack Hussein Obama II

Julukan
Barry
Bama
Batu
Satu
Tidak Drama Obama

Tinggi
6 '1 "(1,85 m)

Mini Biografi
Barack Obama lahir dari seorang ibu kulit putih Amerika, Ann Dunham, dan ayah Kenya hitam, Barack Obama Sr, yang keduanya mahasiswa muda di University of Hawaii. Ketika ayahnya pergi ke Harvard, ia dan Barack tinggal di belakang, dan ayahnya akhirnya kembali ke Kenya sendirian, di mana ia bekerja sebagai ekonom pemerintah. Ibu Barack menikah lagi manajer minyak Indonesia dan pindah ke Jakarta ketika Barack berusia enam tahun. Dia kemudian menceritakan Indonesia secara simultan subur dan eksposur mengerikan terhadap kemiskinan tropis. Dia kembali ke Hawaii, di mana ia dibesarkan terutama oleh kakek-neneknya. Keluarga itu tinggal di sebuah apartemen kecil - kakeknya adalah seorang salesman furnitur dan agen asuransi gagal dan neneknya bekerja di bank - tetapi Barack berhasil masuk ke Punahou School, atas Hawaii persiapan akademi. Ayahnya menulis kepadanya secara teratur tetapi, meskipun ia berkeliling dunia pada bisnis resmi untuk Kenya, ia mengunjungi hanya sekali, ketika Barack berusia sepuluh tahun.

Obama menghadiri Columbia University, tetapi menemukan ketegangan rasial New York tak terhindarkan. Dia menjadi organisator komunitas untuk kelompok gereja kecil berbasis Chicago selama tiga tahun, membantu warga miskin South Side mengatasi gelombang penutupan pabrik. Dia kemudian masuk Harvard Law School, dan pada tahun 1990 menjadi editor Afrika-Amerika pertama dari Harvard Law Review. Ia menolak jabatan juru tulis peradilan bergengsi, bukannya memilih untuk berlatih hak-hak sipil hukum kembali di Chicago, yang mewakili korban perumahan dan diskriminasi kerja dan bekerja pada suara-hak legislasi. Dia juga mulai mengajar di Sekolah Hukum Universitas Chicago, dan menikah Michelle Robinson, seorang pengacara sesama. Akhirnya ia terpilih menjadi senat negara bagian Illinois, di mana kabupatennya termasuk baik Hyde Park dan beberapa ghetto termiskin di South Side.

Pada tahun 2004 Obama terpilih ke Senat AS sebagai seorang Demokrat, yang mewakili Illinois, dan ia mendapatkan perhatian nasional dengan memberikan pidato meriah dan diterima dengan baik di Konvensi Nasional Partai Demokrat di Boston. Pada tahun 2008 ia berlari untuk Presiden, dan meskipun hanya memiliki empat tahun pengalaman politik nasional, ia memenangkan. Pada bulan Januari 2009, ia disumpah sebagai Presiden ke-44 Amerika Serikat, dan Afrika-Amerika pertama yang pernah terpilih untuk posisi itu.

1 komentar:

zaenal mengatakan...

mantap gan blognya,kok bisa nih jalan gini template nya..hehe
mampir ya http://tanya-biografi.blogspot.com/

Posting Komentar